Minggu, 09 Desember 2012

Download Novel Gratis ==>> Dwilogi Padang Bulan dan Cinta Dalam Gelas karya Andre Hirata

padang bulan Andrea-Hirata-2-Cinta-di-dalam-gelas Judul : Padang Bulan dan Cinta Dalam Gelas
Pengarang : Andrea Hirata
Genre : Romance, Friendship, BitterSweet Life
Filetype :pdf(download pdf reader)
Sinopsis
Setelah menulis Tetralogi Laskar Pelangi (Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, Maryamah Karpov), Andrea Hirata kembali menulis novel berdasarkan kisah hidupnya, yang tertuang dalam Dwilogi Padang Bulan (Padang Bulan, Cinta di Dalam Gelas). Dengan gaya khasnya, ia menulis buku Padang Bulan untuk A Ling, wanita yang selalu ia cintai. Sebagian besar kisah dalam buku ini memang menceritakan kegilaan cinta Ikal (Andrea Hirata) terhadap A Ling, kenekatan Ikal untuk merebut hati A Ling yang tumbuh karena perasaan cemburu. Tetapi tidak hanya sebatas itu saja, Andrea Hirata, seperti biasa, dapat membuat kisah yang sederhana berubah menjadi bermakna. Kisah cinta dalam buku ini diperkuat lagi dengan kisah cinta sebuah keluarga yang terdapat di Pulau Laskar Pelanginya—Pulau Belitong, yaitu besarnya cinta yang diberikan Zamzami kepada istrinya—Syalimah dan ketiga anaknya.
Novel ini dibuka dengan kisah yang sangat menyentuh pada Mozaik 1 : Lelaki Penyayang, menceritakan tentang kisah cinta antara Zamzami dan Syalimah:
Syalimah gembira karena suaminya mengatakan akan memberinya hadiah kejutan. Syalimah tak tahan.
”Aiih, janganlah bersenda, Pak Cik. Kita ini orang miskin. Orang miskin tak kenal kejutan.” Mereka tersenyum.
”Kejutan-kejutan begitu, kebiasaan orang kaya. Orang macam kita, ni? Saban hari terkejut. Datanglah ke pasar kalau Pak Cik tak percaya”
Suaminya—Zamzami—tahu benar maksud istrinya. Harga-harga selalu membuat mereka terperanjat.
”Telah lama kau minta,” kata suaminya dengan lembut. Syalimah kian ingin tahu. Waktu mengantar Zamzami ke pekarangan dan menyampirkan bungkus rantang bekal makanan di stang sepeda, ia bertanya lagi, Zamzami tetap tak menjawab.
”Sudah bertahun-tahun kauinginkan, baru bisa kubelikan sekarang, maaf.”
Sejak mengenal Zamzami, Syalimah tahu ia akan bahagia hidup bersama lelaki itu, meski, ia juga mahfum, ada satu hal yang harus selalu ia hindari: minta dibelikan apapun. Sebab lelaki baik hati yang dicintainya itu hanyalah lelaki miskin yang berasal dari keluarga pendulang timah. Namun Syalimah tak perlu dibelikan harta benda sebab Zamzami adalah harta yang paling berharga, melebihi segalanya. Lelaki itu amat penyanyang pada keluarga, sehingga Syalimah tak memerlukan harta apapun lagi di dunia ini.
Menjelang tengah hari, sebuah mobil pikup berhenti di depan rumah. Dua lelaki mengangkat benda yang dibungkus dengan terpal dari bak mobil itu dan membawanya masuk ke dalam rumah. Syalimah bertanya-tanya. Mereka tak mau menjawab.
Ia memberanikan diri dan melangkah pelan mendekatinya. Di depan benda itu jantungnya berdebar-debar. Ia memejamkan mata dan menarik terpal. Ia membuka matanya dan terkejut tak kepalang melihat sesuatu berkilauan: sepeda Sim King made in RRC!
Bagitula cuplikan mozaik (bab) pertama dari novel ini, sudah terlihat ciri khas dari sang pengarang, yang dapat mengungkapkan kata-kata dengan begitu indah. Bab selanjutnya, akan diceritakan hal yang mengejutkan tentang Zamzami, yang membuat hidup Syalimah, Enong—anak pertama mereka yang masih duduk di kelas 1 SD, dan kedua diknya berubah. Hal itu, terutama akan merubah hidup Enong, sehingga Enong akhirnya menjadi wanita pendulang timah pertama di pulau Belitong.
Tentunya, kisah cinta dan kehidupan keluarga Zamzami tadi hanyalah ”bumbu” dari novel ini. Selingan dari cerita cinta Ikal kepada A Ling, gadis Tionghoa yang teramat is cintai. Kisah cinta Ikal begitu terjal. Pertama, karena ayahnya tidak setuju atas perbedaan agama Ikal dan A Ling. Kedua, di ujung perburuan cintanya yang hampir sampai, ia dikejutkan oleh kabar dari Detektif M.Nur—detektif swasta yang merupakan sahabatnya sendiri, bahwa hati A Ling telah terlebih dahulu di rebut oleh pemuda tampan, multitalenta, dan yang paling membanggakan, badannya tegap dan tinggi, ia bernama Zinar.
Di situlah perjalanan cinta gila itu di mulai, di perjalanan inilah Ikal bertemu Enong, dari sinillah ia belajar bermain catur untuk mengalahkan Zinar di Lomba 17 Agustus di kampungnya, dan melakukan berbagai hal nekat yang bahkan hampir merenggut nyawanya.
Semua itu, di akhiri dengan sangat indah dan manis oleh Andrea Hirata.
Banyak yang dapat kita ambil dari buku ini, bahwa persahabatan itu agung, bahwa cinta itu indah meski gila, dan bahwa hidup tak akan ada tanpa perjuangan.
Hampir tak ada kekurangan dari buku ini, semua kata-kata yang Andrea ungkapkan begitu nyata, jelas, dan indah, sehingga kita akan larut, masuk ke dalam ceritanya. Hanya pada bagian awal buku saja yang membingungkan, karena cerita Enong dan Ikal berselangseling. Tapi semua itu bukan masalah, semua kebingungan itu tak sebanding dengan kisah dan humor renyah yang ada di keseluruhan novel, bahkan bagian akhir dari novel.
Andrea Hirata memang menyebut novelnya tulisan awur-awuran, tapi bagi para pembaca, novel ini mengagumkan. Dua kata untuk Padang Bulan : Luar Biasa. Novel ini disarankan untuk semua kalangan, bagi anda yang sedang jatuh cinta, patah hati, bahagia, sedih, susah, senang, karena buku ini adalah sebuah gudang semangat, gudang cinta untuk Indonesia, untuk dunia
Download novel Padang Bulan karya Andrea Hirata di sini
Download Novel Cinta Dalam Gelas karya Andrea Hirata di sini
Attention!!
Setelah link diklik, Klik SKIP AD dipojok kanan atas dan copas linknya di address bar lalu tekan enter!
image
Technorati Tags: ,,,,,,
Blogger Labels: download novel andrea hirata,download novel cinta dalam gelas,download novel padang bulan,download novel indonesia,download gratis,download novel gratis,Download





















1 komentar: